Manfaat Kopi – Dampak Positif Dan Negatif Konsumsi Kopi

Manfaat Kopi – Kopi memang terkenal sebagai minuman yang dapat membuatmu terjaga di sepanjang aktifitas keseharianmu. Dan tau tidak?,kini meminum segelas kopi juga menjadi bagian dari gaya hidup.

Manfaat kopi bagi kesehatan memang fakta tetapi tidak bisa dipungkiri juga bisa memberikan efek buruk jika cara konsumsi nya melampaui batas, pada kesempatan ini akan menjelaskan manfaat positif konsumsi kopi dan dampak buruk konsumsi kopi

Ada 5 Manfaat kopi bagi kesehatan

  • Mencegah Diabetes

Kopi mengandung senyawa yang mampu menghambat hIAPP yang merupakan polipeptida pemicu munculnya serat protein abnormal yang memicu Diabetes. Kasus protein tidak normal seperti ini banyak ditemukan pada Diabetes tipe 2. Kromium dan Magnesium dalam kopi juga bisa berperan untuk memperkecil resiko penyakit diabetes tipe 2.

Beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering Anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Hal itu diperkuat dengan adanya sebuah lembaga survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survei tersebut mengatakan, apabila wanita menopause( >45 tahun) meminum 4 cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Lalu pada tahun 2009, para peneliti Australia juga menemukan manfaat dari segelas kopi untuk mengobati diabetes. Mereka menyatakan bahwa setiap tambahan satu cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal ‘Archives of Internal Medicine‘.

Khasiat kopi sendiri telah dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin didalam darah (sex hormone binding globulin/SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang mengalami kelainan genetic pada tubuhnya.

  • Memperbaiki Mood dan Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kopi lainnya adalah dapat membantu meningkatkan fungsi otak, hal tersebut dikarenakan, kandungan kafein yang ada di dalam kopi. Kafein yang terdapat pada kopi dapat membuat otak Anda bekerja lebih baik. Anda dapat mengingat lebih tepat, memproses informasi lebih cepat, dan lebih fokus. Kafein dengan cepat meningkatkan fungsi otak, karena itu rasa kantuk Anda seolah hilang setelah meminumnya.

Sedikit dari kami pengertian tentang Kafein, merupakan suatu zat stimulan yang paling umum dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Setelah Anda meminum kopi, kafein yang diserap oleh tubuh Anda akan menghambat hormon adenosin. Dengan terhambatnya adenosin, produksi dopamin dan norepinefrin jadi bertambah. Dopamin mempengaruhi mood sehingga Anda lebih ceria, sementara norepinefrin dapat meningkat denyut jantung Anda.

Meski kafein bersifat stimulan, zat ini tidak berbahaya untuk dikonsumsi karena tidak menyebabkan halusinasi. Tidak seperti kokain atau ekstasi yang lama kelamaan memperburuk fungsi otak, mengkonsumsi kafein dalam batas wajar dapat membuat otak dan mood Anda lebih baik.

  • Mencegah Terjadinya Alzheimer dan Parkinson

Meminum kopi hitam secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer yang mana pada umumnya sering menyerang orang tua, dan Parkinson, lho teman-teman. Penyakit neurodegeneratif hingga saat ini belum bisa diobati dan penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami penurunan fungsi pada saraf, perubahan kepribadian, kehilangan memori, hingga demensia. Kedua penyakit ini adalah penyumbang terbesar penderita demensia di dunia.

Hal ini teruji pada Sebuah penelitian yang dilakukan National Food and Nutrition Institute, Warsawa, Polandia menunjukan bahwa peminum kopi memiliki 65% resiko lebih kecil menderita alzheimer dan 40% lebih kecil terjangkit parkinson. Penelitian ini sayangnya tidak mencakup peminum kopi decaff atau tanpa kafein, sehingga belum diketahui apakah itu adalah efek dari kafein.

  • Menurunkan resiko terjadinya kanker

Manfaat kopi bagi kesehatan selanjutnya adalah peranan kopi dalam mencegah terjadi adanya kanker. Mulai dari kanker prostat hingga kanker usus. Meski belum terbukti 100%, kopi sendiri termasuk bahan alami yang mengandung antioksidan yang memang merupakan zat anti-kanker.

Kopi memiliki ratusan kandungan senyawa kimia, di antaranya senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Bahkan Kopi espresso dapat memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker di dalamnya.

  • Mencegah depresi dan stress

khasiat kopi selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko depresi dan stress menurut beberapa peneliti dan para ahli. Para ilmuwan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah, mengalami depresi dan stress. Sedangkan, orang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah.

Dampak Negatif Konsumsi Kopi Berlebihan

Kopi bisa dapat memberikan dampak negatif pada tubuh kita apabila mengomsumsi nya berlebihan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh dan ini fakta.

Dalam penelitian yang sudah di lakukan kopi memang bisa memberikan manfaat sehat pada tubuh tetapi akan memberikan efek yang buruk jika terlalu over. Kami akan jelaskan dampak buruk kopi jika konsumsi terlalu over

  • Mengonsumsi kopi terlalu banyak bisa mengakibatkan gejala insomnia alias susah tidur. Pada tingkat lanjut bahkan bisa menimbulkan sakit kepala, rasa gugup, hingga emosi yang tidak stabil

  • Kopi juga tidak baik untuk wanita hamil karena bisa mengganggu perkembangan janin

 

  • Minum kopi bisa memacu detak jantung sehingga untuk Toppers yang memiliki masalah pada kinerja jantung, meminum kopi tidak direkomendasikan kecuali dalam takaran yang terbatas.

 

Manfaat Kopi - Dampak Positif Dan Negatif Konsumsi Kopi
asam lambung
  • Kopi bersifat asam dan mampu meningkatkan asam lambung, sehingga sangat nggak baik untuk penderita maag

 

  • Terlalu banyak kafein dalam tubuh akan menyebabkan terserapnya mineral dan vitamin sehingga akan membuat daya tahan tubuh menurun

Jadi, itulah beberapa manfaat dan dampak negative dalam mengkonsumsi kopi bagi kesehatan tubuh dan bagi aktifitas keseharianmu. Jadi konsumsi lah sesuai aturan, jangan konsumsi terlalu over karena itu akan memberikan pengaruh buruk pada tubuh Anda. Salam Kopi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *