Bisnis E-commerce – Cara Berbisnis E-commerce yang berkembang

Bisnis E-commerce – Jika dalam beberapa hari ini kita sering menyaksikan berbagai media televisi atau media membahas tentang berkembangnya e-commerce dalam dunia usaha digital atau Unicorn, dan pada hari ini saya membahas mengenai hal tersebut.

Mungkin nama Unicorn sekarang ini sudah tidak asing bagi masyarakat di Indonesia, tetapi, masih ada belum mengetahui arti tentang Unicorn ini, mungkin sebagian orang berpikir Unicorn itulah sebuah cerita mitologi.

Unicorn adalah sebuah perusahaan berkembang atau startup. Unicorn mempunyai uraian atau konsep, yakni ungkapan yang dipakai untuk golongan startup yang mempunyai nilai saham yang mencapai lebih dari US$1 miliar.

Kali ini saya akan membagikan tips atau cara mengembangkan bisnis e-commerce

Awal, anggap diri kita ini adalah seorang costumer yang sudah mengetahui apa yang diinginkan dan apa yang di perlukan. Kita dapat saja menjual sebuah barang produk yang kita anggap apik namun belum tentu di perlukan oleh costumer.

contoh, saya ingin menjual sebuah produk kosmetik, kemudian kosmetik seperti seperti yang lebih banyak diperlukan? jika seorang wanita ingin tampil lebih cantik makanya yang di perlukan adalah alat-alat kecantikan.

Kebutuhan itu harus bisa kita penuhi dengan mencari target penjualan yang mempunyai kelengkapan, bukan hanya kelengkapan dalam apa yang dibutuhkan namun ada kualitas produk yang jelas supaya produk yang dikita pasarkan diterima oleh pelanggan.

Ada beberapa cara lain yang dapatkan anda kerjakan untuk memulai usaha e-commerce ini. Cara-cara ini saya bagikan pada sebuah artikel.

Cara Mempunyai Usaha E-commerce yang maju di Indonesia

Sejalan dengan perkembangan dunia digital yang semakin meningkat, bisnis E-commerce mulai mendapatkan perhatian menjadi salah satu usaha yang peningkatan cukup cepat. Hal tersebut nampak dari sejumlah pengusaha e-commerce yang menjadi startup di Indonesia

Mesikipun begitu, tips menjalankan usaha e-commerce tidak gampang seperti apa yang kita bayangkan, ada sejumlah hal yang mesti lakukan secara tepat, yakni

1.Mengetahui Keinginan Pelangggan
Bisnis E-commerce - Cara Berbisnis E-commerce yang berkembang
Membaca sudut pandang

Tips pertama untuk menjalankan usaha e-commerce adalah kita sendiri harus dapat membaca sudut pandang pandang pembeli. Bisa membaca sudut pandang seorang pembeli merupakan salah satu sasaran tepat supaya produk kita bisa dengan mudah diterima.

2.Pengecekkan harga dengan rutin
Bisnis E-commerce - Cara Berbisnis E-commerce yang berkembang
Riset Harga

Dalam menjalankan usaha e-commerce, hal yang perlu dilakukan adalah selalu melakukan pengecekan harga jual. Perihal ini diwajibkan dilakukan guna mengantisipasi terjadi perubahan harga. Nilai di pasaran adalah referensi dalam menentukan nilai jual produk.

Tidak mesti kerap kali sama, Anda dapat menentukan harga jual lebih murah juga lebih mahal dengan jasa tambahan dan promo menarik. Yang pasti, nilai jual yang ditentukan mesti melalui proses yang matang.

3.Pasarkan Dengan Cara Khas
Bisnis E-commerce - Cara Berbisnis E-commerce yang berkembang
Cara Pemasaran Unik

Pelanggan-pelanggan biasanya akan gampang tertarik dengan cara-cara khas dan unik. Gaya ini juga berjalan dalam usaha. Bila mempromosikan hal yang biasa dengan cara yang simple, tidak ada hal menarik untuk seorang pembeli belanja di toko kita.

4.Gunakan Sosmed Sebagai Tempat Pemasaran
Media Sosial

Media sosial bisa menjadi sarana pemasaran, meskipun tidak begitu efektif. Sosmed untuk pengusaha e-commerce dimanfaatkan dalam membagikan informasi terbaru dan tempat berhubungan langsung dengan costumer. Jika digunakan secara tepat sosmed bisa menjadi alat pendukung meningkat usaha.

5.Menerapkan Sales Funnel
Funnel

Sales Funnel adalah tips yang mudah untuk menggambarkan kunjungan pembeli lewat proses pemasaran anda. Ketika kita menerapkan pendekatan funnel dalam bisnis startup makanya kesempatan untuk berkembang itu semakin besar.

Pada awal, seseorang cuma akan melihat-lihat website anda saja. Bukan jadi masalah apabila cuma berkunjung dan tidak membeli produk anda, itu merupakan proses pertama. Yang pasti anda perlu melalukan sesuatu untuk membuat banyak masyarakat mengetahui lokasi usaha dengan cara menggunakan mesin pencari, bisa memasang iklan di media sosial atau di google.

Langkah kedua anda perlu memikirkan bagaimana membuat pengunjung terpesona melihat website anda dan pengunjung tidak bakal meninggalkan dengan begitu saja. Salah satu caranya adalah dengan melakukan perubahan yang menarik, unik pada tampilan website anda disertai dengan berbagai informasi lengkap dan terakurat.

Langkah pengembangan tidak hanya disitu pengunjung masih mempunyai peluang untuk pergi. Oleh karena itu pada langkah ketiga anda wajib mengikuti kembali follow up. Salah satunya adalah melakukan laporan berkala.

Melalui laporan berkala Anda dapat memberikan tawaran menarik seperti promo atau potongan harga. Tambahkan juga penjelasan kepuasan mengenai produk Anda yang jual sehingga calon pembeli semakin yakin dengan produk yang anda tawarkan.

Langkah keempat juga termasuk krusial. Apabila pengunjung sudah menjadi langganan, jangan cepat puas. Tingkatkan service terhadap pelanggan dan menjalin hubungan layaknya sahabat. Minta pelanggan untuk memberikan nilai pada pelayanan, dan jika perlu berikan hadiah dari pembelian yang di lakukan.

6. Mencari Pemasaran Yang Cocok
tempat pemasaran strategis

Ini tips terakhir untuk meningkatkan usaha digital, Anda harus mengerti target pemasaran yang tepat.Tidak seluruh struktur pemasaran dapat Anda pelajari secara maksimal, Oleh karena-nya, pastikan dulu golongan pasar yang bakal menjadi target dari awal meningkatkan usaha e-commerce.

Ada banyak tips untuk meningkatkan bisnis startup yang mampu Anda buat, tetapi hal yang paling penting adalah seluruhnya mesti melewati proses pertimbangan yang matang. Sebab usaha tanpa pertimbangan sama saja berlari tanpa tujuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *